Senin, 04 Juni 2012

Sepuluh Pilar Inovasi Reformasi Birokrasi Satpas SIM Daan Mogot

Oleh : Syamsudin


Satpas SIM Polda Metro Jaya, khususnya sentral pembuatan SIM Daan Mogot Cengkareng Jakarta Barat tidak pernah surut  dari berbagai kreasi dan inovasi menuju layanan prima. Berikut ini sepuluh hasil inovasi dan kreasi yang telah dicapai Satpas SIM Daan Mogot :

Pertama, Meluncurkan mobil SIM keliling. Mobil SIM keliling yang beroperasi beberapa tahun silam telah dirasakan manfaatnya oleh segenap lapisan masyarakat luas. Bagi warga DKI dan sekitarnya, kehadiran mobil SIM keliling yang beroperasi pada lima penjuru wilayah DKIemndapat respon yang luar biasa dari segenap lapisan masyarakat terutama dalam hal menghemat waktu dan tenaga. Layanan ini sekaligus menjadi salah satu target Polda Metro Jaya dalam rangka memudahkan pemohon SIM melakukan registrasi perpanjangan SIM A dan C yang masih berlaku.
 Kedua, Memberabtas Calo, Aksi calo yang menawarkan jasa pada pemohon SIM dengan iming-iming mendapatkan SIM secara instan sangat meresahkan. Namun sepak terjang mereka dikikis habis oleh Tim Khusus (Timsus) yang dibentuk untuk mensterilisasikan lokasi Satpas SIM Daan Mogot. Hasilnya. Puluhan calo yang kerap beroperasi diburu Timsus dan telah diserahkan ke Polda Metro Jaya untuk diproses lebih lanjut. 

      Ketiga, Mengungkap jaringan pemalsu SIM. Lagi-lagi tugas ekstra Timsus  mengungkap aktor intelektual bermain dalam modus pemalsu SIM. Laporan dari masyarakat dan temuan pihak kepolisian di jalan raya menjadi titik terang bagi Timsus mengejar pelaku hingga pelosok desa. Kurangnya pengetahuan masyarakat perihal pembuatan SIM menjadi pemicu terbukanya peluang jaringan pemalsu SIM demi meraup keuntungan berlipat ganda.
      Keempat, Membuka gerai SIM. Selain mobil SIM keliling, Satpas SIM Polda Metro Jaya juga menyediakan fasilitas gerai SIM pada pusat perbelanjaan seperti di Mal Artha Gading Kelapa Gading Jakarta Utara, Taman Palem Jakarta Barat, Pusat Pebelanjaan PGC Cililitan Jakarta Timur. Dan Blok M square Jakarta Selatan. Gerai-gerai inipun tidak luput dari serbuan masyarakat.

    Kelima, Menjalin kemitraan denga pihak bank. Agar terhindar dari indikasi Pungutan Liar (Pungli), Satpas SIM bekerja sama dengan bank BRI. Sebagai salah satu syarat mengurus SIM, pemohon mutlak membeli formulir di BRI yang tersedia di Satpas SIM.

Keenam, Membuka pos layanan pengaduan. Sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat pemohon SIM baik yang merasa dirugikan oleh ulah calo
maupun kurang optimalnya pelayanan petugas SIM dapat mengajukan komplain di loket pengaduan yang terletak di dalam kantor Satpas. Selanjutnya petugas akan menindaklanjuti komplain tersebut.

Ketujuh, Memberikan remedial. Pemohon SIM yang dinyatakan  tidak lulus  uji teori diberikan kesempatan mengulang berupa remedial. Sebelum dilakukan remedial, petugas pemandu layanan yang dikoordinir oleh perwira pengendali sekaligus Paur Teori,Iptu Marthinus Adhithya SH memberikan motivasi agar mengerjakan soal secermat mungkin agar memperoleh nilai memuaskan.
 
Kedelapan, melayani dengan senyum dan ramah tamah. Untuk menciptakan suasana kekeluargaan antara  pemohon dengan petugas SIM, Kasie SIM Polda Metro Jaya Kompol Twedi Aditya Bennyahdi S,Sos, SIK, menginstruksikan pada semua petugas untuk memberikan pelayanan dengan senyum dan ramah.

Kesembilan, Membangun masjid megah. Masjid Al- Amanah yang terletak di areal Satpas SIM Daan Mogot iresmikan langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dr. Untung S. Radjab, Drs, SH, 22 Januari 2012 lalu.  Tempat ibadah ini merupakan salah satu upaya Polri dalam membangun kemitraan dengan masyarakat sekaligus sebagai bentuk layanan prima. Masjid megah ini mampu menampung 750 orang.

Kesepuluh, Menyediakan loket foto khusus wanita. Agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak berdesak-desakan dengan pemohon SIM laki-laki, Satpas Daan Mogot menyiapkan loket khusus wanita untuk pemotretan SIM.
Kendati setumpuk inovasi nyata telah dilakukan Satpas SIM Polda Metro Jaya, namun ada saja segelintir orang yang mengatasnamakan institusi dan LSM tertentu yang secara sengaja mencari kesalahan Satpas SIM untuk dijadikan bahan ekspos. Meski demikian, pihak Satpas tetap membuka pintu saran dan kritik membangun demi memaksimalkan layanan. ( 234 + Din )








           



                                             

67 komentar:

  1. Saya baru tau kalo ada mobil sim keliling, menarik :D

    Disya Nabila

    BalasHapus
  2. Menarik sekali pak artikelnya :D

    BalasHapus
  3. bagus banget artikelnya pak !! good job.

    BalasHapus
  4. berkat artikel bapak saya jadi lebih tau. makasih pak!!!

    BalasHapus
  5. artikelnya menarik banget paak :D
    Inayah Oktatrianti

    BalasHapus
  6. Artikelnya bagus pak, menarik , banyak pengetahuan , yang saya dapat , dan saya juga ingin membuat artikel yang baik.

    BalasHapus
  7. Wooow, saya sangat berterima kasih kepada penulis karena dengan adanya artikel ini secara langsung telah menambah pengetahuan umum saya. Good job..

    saya tunggu artikel yang menarik lainnya dari Anda

    BalasHapus
  8. bagus dan cukup menarik. Berkat artikel ini saya dapat tau tentang hal tersebut.

    BalasHapus
  9. artikelnya menarik untuk di baca karena usaha yang di lakukan polri sangat baik. Andhiny Noviyanti

    BalasHapus
  10. lanjutkan karyanya sangat informatif

    BalasHapus
  11. artikel yang sangat menarik pak,menambah pengetahuan dan pengalaman saya dalam dunia ketertiban lalulintas khususnya SIM.

    BalasHapus
  12. Bagus dengan adanya mobil sim keliling. Terus tertibkan lagi dalam hal berkendara.

    BalasHapus
  13. artikel ini sangat menarik dan bagus. saya setuju dengan artikel ini

    BalasHapus
  14. inovasi yang cukup baik, semoga tujuan dari inovasi ini dapat tercapai

    BalasHapus
  15. wah inovasinya sungguh membangun dan mempermudah membuat sim . semoga dengan adanya inovasi ini sangat membantu .

    BalasHapus
  16. semoga inovasi yang dicanangkan oleh Polisi dapat mengangkat citra polisi
    Reydinal Ramadhani

    BalasHapus
  17. semoga semua inovasi bisa membauat citra Polisi Indonesia semakin baik di masyarakat

    BalasHapus
  18. semoga inovasi seperti ini dapat membangun citra polisi yang lebih baik .

    BalasHapus
  19. artikel ini cukup bermanfaat, selain itu dapat memberikan informasi tentang pembuatan SIM. mungkin kekurangan dari artikel ini terdapat pada pengetikan,pemberian warna pada tulisan dan pengaturan gambar-gambarnya. semoga dapat menerima saran dari saya .

    BalasHapus
  20. Artikel ini sangat bermanfaat untuk masyarakat yang ingin mengenal lebih jauh tentang pembuatan SIM agar terhindar dari para oknum oknum Satgas SIM

    BalasHapus
  21. membangun mesjid itu salah satu yang jarang banget dilakukan oleh orang2 indonesia,mudah2an ini bisa memotivasi

    BalasHapus
  22. unik,ada gerai sim di mall semoga ada lebih banyak lagi di tempat lain

    BalasHapus
  23. Semoga ini bisa menjadi kenangan terindah selama berada di SMAN 35

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. artikel yang bagus, bahasanya juga mudah dimengerti tetapi pemilihan warna biru di tulisan agak kurang pas dengan background blog

    BalasHapus
  26. Artikelnya bagus dan menarik untuk dibaca....
    saya setuju pendapat penulis untuk memberantas calo

    BalasHapus
  27. artikelnya sangat menarik sekali

    BalasHapus
  28. menurut saya artikel ini cukup MENGESANKAN :D

    BalasHapus
  29. sya bingung mau komentar apa karena artikel ini sangat bagus

    BalasHapus
  30. Dengan adanya mobil sim keliling jadi praktis ya :)

    BalasHapus
  31. mari basmi calo calo sim hahahaha (y)

    BalasHapus
  32. artikel ini membuat orang menjadi tau adanya mobil sim keliling
    gisella natasya

    BalasHapus
  33. artikel ini sangat bagus untuk di baca

    BalasHapus
  34. yang begini nih yang harus dijalankan

    BalasHapus
  35. inovasi akan mempermudah lalu lintas

    BalasHapus
  36. Semoga inovasi yang telah dilakukan dapat meningkatkan kesejahteraan.
    Balas

    BalasHapus
  37. mari berantas para calo pembuat SIM dengan 10 inovasi yang hebat ini

    BalasHapus
  38. sekarang bikin SIM makin gampang dengan hadirnya 10 inovasi seperti ini

    BalasHapus
  39. mudah mudahan para calo akan berkurang dengan adanya bus oembuatan SIM keliling

    BalasHapus
  40. Artikelnya bagus banget! informasinya juga sangat berkualitas :) dan juga satpas sim daan mogot sangat kreatif dalam memberikan akses yang memudahkan masyarakat untuk membuat sim :)

    BalasHapus
  41. semoga dengan ini dapat lebih mendekatkan hubungan masyarakat dengan aparat pemerintahan terutama polisi... amin...

    BalasHapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. luar biasa inovasi dan kreasi yang telah dilakukan sentral pembuatan SIM di Daan Mogot tersebut :D
    Semoga inovasi dan kreasi tersebut dapat terus berjalan dari tahun ke tahun :)

    BalasHapus
  44. inovasi ini cukup berguna untuk generasi-generasi yang akan datang

    BalasHapus
  45. inovasi dan kreasi yang dijalankan cukup efektif, ini sangat bagus

    BalasHapus
  46. inovasi yang bagu pak, dengan adanya sim keliling ini masyarakat lebih terjangkau dan efisien..

    BalasHapus
  47. bagus sekali inovasi yang dibuat oleh Satpas ini karena akan membuat para calo mati kutu

    BalasHapus
  48. artikel yang sangat menarik, namun adanya mobil SIM keliling belum begitu dirasakan oleh masyarakat karena pengoprasian mobil tersebut belum begitu meluas, akibatnya masyarakat masih banyak yang menggunakan jasa calo. Dan semoga adanya mobil SIM ini dapat memudahkan masyarakat dalam membuat SIM dan tidak dimanfaatkan oleh oknum tertentu. Terima kasih.

    Shofi Maretha

    BalasHapus
  49. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  50. semoga dengan adanya layanan ini dapat membantu masyarakat dalam membuat SIM -whitney gabriel-

    BalasHapus
  51. untuk para calo sebaik nya mati saja !! untuk para pengendara motor dan mobil sebaik nya membuat sim bagi yang tidak punya :D

    BalasHapus
  52. wow, sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat yang tidak memiliki sim !

    BalasHapus
  53. semoga dapat membuat para calo kapok dan tidak melakukan praktek kotornya lagi

    BalasHapus
  54. mudah mudahan kedepan akan ada banyak inovasi lagi

    BalasHapus
  55. semoga dengan adanya artikel ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya SIM.
    Abu Bakar

    BalasHapus
  56. sangat membantu dan menolong konsumen! tapi pak, background blogspotnya diganti dengan warna yang lebih gahar ya ^^
    Aulia Tribhuwana Kusuma Wardhani

    BalasHapus
  57. Peningkatan pelayanan oleh Satpas SIM Polda Metro Jaya, harus diikuti dengan peran dan kesadaran masyarakat didalamnaya agar dapat tercapat tujuan yang diinginkan

    BalasHapus
  58. Satpas SIM Polda Metro Jaya memang selalu berusaha memberikan pelayanan yang terbaik untuk para pemohon SIM.

    BalasHapus
  59. Saya belum bisa bilang bagus, bila belum dibuatkan SIM A dan C, jadi nanti saja ya bilang bagusnya,

    BalasHapus
  60. 10 pilar inovasi ini dapat bisa menjadikan masyarakat menjadi nyaman dalam pelayannya. semoga Satpas SIM Polda Metro Jaya memberikan yang terbaik dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

    BalasHapus
  61. bagus bagus dan bagus 10 pilar inovasinya

    BalasHapus
  62. bagus sekali artikel ini memberikan informasi yang akurat

    BalasHapus
  63. semoga ini dapat menekan keberadaan para calo pembuat SIM

    BalasHapus